Dongeng dan Filsafat Semesta

by Google
Judul Buku          : Dunia Anna
Penulis                : Jostein Gaarder
Penerjemah        : Irwan Syahrir
Penerbit              : Mizan Pustaka
Tahun terbit       : 2015 (cetakan ke-3)
Tebal                   : 244 halaman
Setelah sukses denga novel best-seller internasionalnya yang berjudul Sophie’s World (terjemahan Indonesia: Dunia Sophie), Jostein Garder kembali menuliskan sebuah novel filsafat berbalut cerita fantasi. Tak heran, mengapa novel setebal 244 halaman ini disebut sebuah novel filsafat semesta. Karena di dalamnya bercerita tentang pengembaraan pikir seorang gadis 16 tahun bernama Anna. Berbeda dengan gadis remaja pada umumnya, Anna tidak melulu memikirkan cinta, penampilan, maupun hobbi dan mimpi. Ia memang punya mimpi, namun mimpi Anna sangat tidak biasa. Ia memimpikan kedamaian pada alam—dari sinilah filsafat Anna tentang alam semesta dimulai.  
Tiba-tiba Anna melihat dunia telah maju 70 tahun lebih awal, tepatnya tahun 2082. Saat itu, di ulang tahunnya yang ke-16, Anna menjadi seorang buyut dan memiliki cicit bernama Nova. Cicit perempuannya itu begitu mirip dengannya—sehingga Anna sendiri tidak dapat membedakan mana dirinya dan cicitnya. Di tahun 2082, alam semesta telah benar-benar berubah. Bumi menjadi kering kerontang; tidak lagi hijau; dan persediaan energi habis. Banyak spesies flora dan fauna punah akibat konsentrasi berlebih dari karbondioksida di udara. Kerakusan manusia telah membuat alam semesta perlahan-lahan hancur.
Nova cemburu terhadap buyutnya, Anna. Di masa remajanya dulu, Anna masih bisa melihat keindahan berbagai spesies flora dan fauna. Sementa Nova hanya mampu melihatnya melalui rekaman video dan tiruan virtual yang dibuat dari teknologi canggih masa itu. Anna resah, dunia 70 tahun kedepan yang dilihatnya kian memprihatinkan. Sampai akhirnya, di ulang tahunnya yang ke-16 Anna diwarisi sebuah cincin berusia lebih satu abad dari keluarganya. Konon, cincin tersebut mampu megubah kerusakan di bumi menjadi lebih baik seperti sedia kala. Anna juga dipertemukan dengan seorang psikiater yang mempunyai anak seorang relawan sekaligus pecinta alam. Pertemuan ini mengantarkan Anna bersama pacarnya yang bernama Jonas membentuk sebuah organisasi pecinta alam di sekolahnya.

Benarkah cincin warisan dari keluarganya mampu mengubah bumi? Bagaimana caranya? Lalu, apa yang membuat Anna berkenalan dengan psikiater itu? Bagaimanakah kelanjutan organisasi yang dibentuk Anna dan Jonas setelah dipertemukan dengan anak psikiater yang juga menjadi relawan? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan Anda dapatkan dari novel berjudul asli Anna, En Fabel om Klodens Klima og Milijo ini. Selamat Membaca! Selamat menyelami filsafat semesta dari petualangan Anna!

Komentar